Sarana dan Prasarana Ponpes Nurul Huda Suci Lamongan



        1.      Sarana Prasarana


a.       Masjid
Dalam konteks ini, masjid adalah sebagai pusat kegiatan ibadah dan belajar mengajar. Masjid merupakan sentral sebuah pesantren karena disinilah pada tahap awal bertumpu seluruh kegiatan dilingkungan pesantren.
Pada zaman rasullullah kaum muslimin selalu memanfaatkan masjid untuk tempat beribadah dan juga sebagai tempat lembaga pendidikan islam. Masjid merupakan aspek kehidupan sehari-hari yang sangat penting bagi masyarakat. Dalam rangka pesantren masjid dianggap sebagai tempat yang paling tepat untuk mendidik para santri, terutama dalam praktek sholat tiap waktu dan pengajaran kitab-kitab islam klasik. Begitupun di Pondok Pesantren Nurul Huda, meskipun kondisi bangunan masjid yang tidak megah, tetapi tetap digunakan untuk sholat berjama’ah dan kegiatan agama yang lain, seperti untuk mengaji, musyawarah dan lain-lain. Dan sekarang masjid masih dalam proses pembangunan.

b.      Asrama Putra dan Putri
Asrama putra dan putri disediakan bagi santri yang mondok di pesantren ini. Pada awal mula dibangunnya pondok pesantren ini hanya ada delapan kamar, lima untuk santri puti dan tiga untuk santri putra, yang mana bangunannya masih terbuat dari bambu. Seiring berjalannya waktu dan mengingat jumlah santri yang mondok semakin banyak akhirnya dibangun kembali kamar yang sekarang berjumlah enam belas, yakni delapan untuk santri putri dan delapan lagi untuk santri putra.
Kondisi bangunan kamar menjadi semakin lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya, bangunan yang awalnya berasal dari bambu sekarang berganti menjadi bangunan tembok.
c.       Perpustakaan
Dengan adanya Perpustakaan ini bertujuan untuk melengkapi sarana berbagai macam buku, baik tentang pengetahuan agama dan pengetahuan umum itu sendiri guna meningkatkan wacana para santri pondok tersebut agar tidak ketinggalan dengan pondok-pondok lain meskipun pondok pesantren Nurul Huda ini sifatnya salaf atau tradisional, misalnya disediakan buku-buku tentang bagaimana cara berperilaku yang baik, menghormati guru dan buku pengetahuan-pengetahuan lain yang dapat menunjang kreativitas dalam belajar. Disediakannya perpustakaan sangat membantu para santri.
Selain fasilitas perpustakaan sebagai tempat menambah informasi melalui membaca koleksi buku-buku yang telah disediakan di perpustakaan, Santri juga bisa berkreasi dengan membuat koleksi mading krepesant (kreasi pesantren).

d.      Sarana Kesehatan
Sarana kesehatan ini menyediakan kotak P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan) yang bertujuan untuk memberikan pengobatan secara langsung pada para santri ketika mengalami sakit mendadak dengan tujuan meringankan beban sakit dan yang bertanggung jawab adalah bagian departemen kesehatan.

e.       Koperasi
Koperasi merupakan komponen yang dominan. Artinya, keberadaan koperasi disamping sebagai sarana pemenuhan kebutuhan baik bagi para santri maupun pengasuh bahkan masyarakat yang ada disekitarnya, maka koperasi merupakan wahana pendidikan bagi para santri dan seluruh warga pesantren. Dalam arti kata, pendidikan kemandirian.
Koperasi yang dikelola langsung oleh para santri berindikasi adanya gerakan menumbuhkan pemikiran ekonomi dan menciptakan kemampuan ketrampilan bagi warga Pondok Pesantren Nurul huda. Santri sangat meyakini adanya barakah dalam pesantren sampai-sampai mereka menamakan koperasi dengan nama barakah.

f.       Kamar Mandi
Pondok pesantren Nurul Huda menyediakan kamar mandi enam untuk santri putri dan enam santri putra, dan mengingat semakin bertambahnya santri yang mondok, maka dilakukan pembangunan kembali, mengingat jumlah santri putra lebih banyak daripada santri putri, maka saat ini proses pembangunan kamar mandi untuk santri putra, dan jumlah yang dibangun sekarang dua bangunan.


g.      Dapur
Pondok pesantren ini terdapat dua dapur, satu untuk santri putra dan satunya lagi untuk umum. Dan dapur umum inilah yang biasanya digunakan untuk santri yang mengabdi bagian memasak, yang memasak juga dari santri putra, maka dari itu bagi santri putra tidak disediakan dapur khusus.

h.      Gudang
Disediakan gudang di pondok pesantren untuk menaruh barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi seperti kursi, meja dan lainnya. Dan dibuat untuk menaruh peralatan yang digunakan untuk haul, seperti: panggung, tabir, terpal, banner dan lainnya.

i.        Jemuran
Disediakan jemuran bagi santri putra maupun putri, agar mereka muda ketika menjemur ataupun menaruh pakaian mereka supaya tidak ditaruh dikamar, karena memang kamar hanya digunakan untuk tidur, adapun pakaian yang bersih diletakkan dikamar tetapi tertata rapi di dalam lemari. Jemurannya dibagi dua ada yang untuk jemur pakaian basah dan kering, jadi baik santri putra maupun putri mendapat dua jemuran.

0 Comments